Honda Mobilio Test Drive 4: Perbandingan Desain Mobilio Dengan Pesaing Merk Lain
Dari semua MPV kompak ini, Mobilio sebagai pendatang terakhir tentu terlihat paling fresh. Meski wajahnya mirip Brio, namun dari samping ke belakang penampilannya berbeda total.
Tema utamanya adalah kedinamisan. Tak heran jika ia tampil mencolok berkat garis bodi tajam dan proporsi ideal. Salah satu keunikannya adalah pilar D yang terkesan mengambang jika dilihat dari frontal belakang. Interior Mobilio mirip dengan Brio, terutama dasbor dan bentuk kursi penumpang depan.
Berbeda dengan Mobilio, Spin menawarkan aura gagah pada penampilannya. Rasa itu datang dari bahasa desain Chevrolet modern termasuk keberadaan eastern bow tie yang membentuk gril depan. Nuansa serupa terus berlanjut ke dalam. Paling jelas terlihat pada desain panel instrumen unik.
New Grand Livina yang sudah mengalami revisi tetap tak bisa meninggalkan siluet bodi Grand Livina lama. Bentuk keseluruhan masih mirip dengan pendahulu, namun ubahan di detail penting seperti headlights, gril dan stoplamp mampu memberi citra baru. Kini ia terlihat lebih dewasa, walau tak mampu menyembunyikan aroma konvensional.
Proton Exora adalah MPV paling bongsor di arena ini. Lekuk tubuh boleh saja terlihat flat, tapi Proton tidak membiarkannya begitu saja. Masih ada usaha-usaha seperti menambah lips spoiler di ujung bawah bumper dan di atas kaca belakang.
Tampilan kabin Exora mungkin biasa saja, tapi dengan dimensi yang cukup besar menjadikan rasa kabinnya roomy. Dibanding yang lain, Exora Star mampu memberi kesan mobil keluarga sejati. Desain kabin juga masuk dalam taraf modern dan enak dipandang.
Suzuki Ertiga memberi keseimbangan antara dinamis dan elegan. Tampilan depan dengan gril dan headlamp membuat rasa sporti mengemuka. Tapi ketika melirik garis bahu yang datar membuatnya tampak datar. Di dalam, warna interior krem membuat Ertiga terasa lega. Pun dengan desain trim yang elegan dan dinamis.
Sedangkan Toyota Avanza yang hadir dalam trim Veloz adalah model flagship-nya. Bumper depan lebih lebar plus berpotongan lebih tegap. Begitu juga dengan tarikan garis gembung di sekujur tubuhnya. Membuatnya terkesan lebih berotot dibanding Avanza lama, meski dibanding lawan-lawannya kali ini ia tak bisa dibilang istimewa. Nuansa serupa juga dirasakan di dalam. Paling hanya motif guratan pada panel dasbor yang terlihat berbeda. Selebihnya biasa saja.
Rating
Honda Mobilio E M/T * * * * *
Chevrolet Spin 1.3 LT M/T * * *
Nissan Grand Livina SV M/T * * * *
Proton Exora StarExecutive 1.6 A/T * * *
Suzuki Ertiga GX DB M/T * * *
Toyota Avanza Veloz 1.5M/T * * *
Tema utamanya adalah kedinamisan. Tak heran jika ia tampil mencolok berkat garis bodi tajam dan proporsi ideal. Salah satu keunikannya adalah pilar D yang terkesan mengambang jika dilihat dari frontal belakang. Interior Mobilio mirip dengan Brio, terutama dasbor dan bentuk kursi penumpang depan.
Berbeda dengan Mobilio, Spin menawarkan aura gagah pada penampilannya. Rasa itu datang dari bahasa desain Chevrolet modern termasuk keberadaan eastern bow tie yang membentuk gril depan. Nuansa serupa terus berlanjut ke dalam. Paling jelas terlihat pada desain panel instrumen unik.
![]() |
![]() |
![]() |
Suzuki Ertiga GX DB M/T | Toyota Avanza Veloz 1.5M/T | Chevrolet Spin 1.3 LT M/T |
New Grand Livina yang sudah mengalami revisi tetap tak bisa meninggalkan siluet bodi Grand Livina lama. Bentuk keseluruhan masih mirip dengan pendahulu, namun ubahan di detail penting seperti headlights, gril dan stoplamp mampu memberi citra baru. Kini ia terlihat lebih dewasa, walau tak mampu menyembunyikan aroma konvensional.
Proton Exora adalah MPV paling bongsor di arena ini. Lekuk tubuh boleh saja terlihat flat, tapi Proton tidak membiarkannya begitu saja. Masih ada usaha-usaha seperti menambah lips spoiler di ujung bawah bumper dan di atas kaca belakang.
Tampilan kabin Exora mungkin biasa saja, tapi dengan dimensi yang cukup besar menjadikan rasa kabinnya roomy. Dibanding yang lain, Exora Star mampu memberi kesan mobil keluarga sejati. Desain kabin juga masuk dalam taraf modern dan enak dipandang.
![]() |
![]() |
![]() |
Honda Mobilio E M/T | Nissan Grand Livina SV M/T | Proton Exora StarExecutive 1.6 A/T |
Suzuki Ertiga memberi keseimbangan antara dinamis dan elegan. Tampilan depan dengan gril dan headlamp membuat rasa sporti mengemuka. Tapi ketika melirik garis bahu yang datar membuatnya tampak datar. Di dalam, warna interior krem membuat Ertiga terasa lega. Pun dengan desain trim yang elegan dan dinamis.
Sedangkan Toyota Avanza yang hadir dalam trim Veloz adalah model flagship-nya. Bumper depan lebih lebar plus berpotongan lebih tegap. Begitu juga dengan tarikan garis gembung di sekujur tubuhnya. Membuatnya terkesan lebih berotot dibanding Avanza lama, meski dibanding lawan-lawannya kali ini ia tak bisa dibilang istimewa. Nuansa serupa juga dirasakan di dalam. Paling hanya motif guratan pada panel dasbor yang terlihat berbeda. Selebihnya biasa saja.
Rating
Honda Mobilio E M/T * * * * *
Chevrolet Spin 1.3 LT M/T * * *
Nissan Grand Livina SV M/T * * * *
Proton Exora StarExecutive 1.6 A/T * * *
Suzuki Ertiga GX DB M/T * * *
Toyota Avanza Veloz 1.5M/T * * *
0 komentar:
Posting Komentar