Honda Mobilio Test Drive 3: Akomodasi Honda Mobilio vs Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga
Cukup sulit untuk menilai kelegaan Honda Mobilio lantaran hanya menilai dari luar mobil. Berdasarkan wheelbase-nya yang hanya 2.650 mm, tampaknya Mobilio tidak menawarkan kelapangan yang lebih dibandingkan para kompetitornya.
Legroom kami tilik masih cukup untuk mobil di segmen ini. Posisi duduk depan khas Honda yang sangat pas mestinya akan diwarisi oleh Mobilio. Ke tengah, akomodasi juga cukup baik. Untuk di belakang, Mobilio bisa dikatakan setara rivalnya.
Bagasi saat bangku belakang tegak masih cukup baik. Namun karena bangku ketiga hanya bisa dilipat ke depan, volume bagasi Mobilio tidak bertambah banyak. Hal serupa juga terjadi pada Avanza Veloz dan Spin.
Meski banyak revisi sudah dilakukan sejak Avanza generasi kesatu, segi akomodasi masih sama saja. Kabin biasa saja untuk kelapangan. Sulit untuk masuk ke bangku baris ketiga lantaran Avanza memiliki lantai kabin yang cukup tinggi. Mengadopsi metode pelipatan bangku belakang serupa Mobilio, membuat akomodasi Avanza kurang efektif saat dibutuhkan untuk memuat banyak barang.
![]() |
![]() |
![]() |
Chevrolet Spin 1.3 LT M/T | Suzuki Ertiga GX DB M/T | Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T |
Chevrolet Spin 1.3 LT sebagai kontestan termuda kami rasa wajar jika masih banyak kekurangan dalam akomodasi. Ruang kaki di seluruh baris bangku terasa lebih sempit dari rivalnya.
Bukan perkara mudah untuk masuk ke bangku belakang dengan tidak bisa dilipatnya bangku tengah ke depan. Pun setelah berhasil Anda akan dihadang oleh ruang kaki yang terbatas.
Keleluasaan akses masuk ke bangku baris ketiga bisa dihadirkan Ertiga lantaran lantai kabin rendah. Posisi duduk di baris kedua cukup nyaman lantaran bangku tengah bisa digeser maju-mundur.
Meski bangku ketiga bisa dilipat untuk menambah volume bagasi, namun cukup repot lantaran harus menarik dua tali di kedua sudut bangku. Volume yang disajikan cukup baik, walau tidak rata sepenuhnya. Kekurangan lain adalah bangku tengah tidak bisa dilipat.
Bangku tengah 60:40 Exora Star memiliki kelegaan khas kompak MPV. Meski cukup sulit untuk masuk ke baris ketiga, namun tak dinyana, legroom belakang masih cukup untuk menciptakan posisi duduk yang nyaman.
![]() |
![]() |
![]() |
Honda Mobilio E M/T | Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T | Proton Exora Star Executive 1.6 A/T |
Untuk membawa barang berdimensi besar, ruang bagasi pun dapat diperluas dengan melipat rata bangku baris kedua dan ketiga. Satu lagi keunggulan Exora adalah dimensinya yang besar dan mengotak. Jelas memberi kelegaan tambahan di dalam.
Nissan Grand Livina memiliki kekurangan saat memberikan akses untuk memasuki baris ketiga. Ia pun terbilang rendah untuk mobil sekelas MPV kompak. Volume cukup baik saat bangku ketiga berdiri, meski bukan yang terbaik di sini. Namun itu terbayar saat bangku baris ketiga, bahkan baris kedua, bisa dilipat dengan mudah untuk melapangkan bagasi.
Rating
Honda Mobilio E M/T * * *
Chevrolet Spin 1.3 LT M/T * *
Nissan Grand Livina 1.5 SV M/T * * *
Proton Exora Star Executive 1.6 A/T * * * * *
Suzuki Ertiga GX DB M/T * * *
Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T * *
0 komentar:
Posting Komentar